Telepon Desa Online

0812 - 1212 - 6969

Telepon Desa Online

0813 - 2986 - 7421

Desa Salira Menjadi Bagian Penting dalam Program DESTANA Bersama IDRIP World Bank BNPB

Desa Salira, 10 Oktober 2023 – Desa Salira, dengan bangga, menjadi salah satu desa yang terpilih untuk berpartisipasi dalam Program Desa Tangguh Bencana (DESTANA), sebuah inisiatif bersama antara World Bank dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia dalam rangka mendukung pembangunan desa yang tahan bencana.

Program DESTANA yang dibiayai oleh World Bank melalui Inisiatif Pengurangan Risiko Bencana Indonesia (IDRIP) BNPB, bertujuan untuk membangun kapasitas dan ketahanan desa terhadap bencana alam. Desa Salira dipilih berdasarkan kriteria ketahanan bencana, partisipasi masyarakat, dan komitmen pemerintah desa dalam mengelola risiko bencana.

Bapak H. Sanudin, Kepala Desa Salira, menyatakan, “Kami sangat bersyukur Desa Salira dapat menjadi bagian dari Program DESTANA. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan desa kami dalam menghadapi berbagai risiko bencana. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan masyarakat dan pihak terkait demi mencapai tujuan program ini.”

Program DESTANA melibatkan berbagai kegiatan, termasuk pelatihan penanggulangan bencana, perencanaan tata ruang yang berbasis risiko bencana, serta pembangunan infrastruktur yang ramah bencana. Desa Salira akan menerima dukungan teknis dan finansial untuk memperkuat kapasitas masyarakat dalam merespons dan mengatasi bencana alam.

Ibu Eni, perwakilan dari Konsultan, menyampaikan apresiasi terhadap partisipasi Desa Salira dalam program ini. “Desa Salira memperlihatkan komitmen yang kuat terhadap upaya membangun ketahanan terhadap bencana. Kami yakin melalui kerjasama yang baik, program ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi Desa Salira dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia.”

Masyarakat Desa Salira yang ikut serta dalam program ini juga merasa antusias. Bapak Darwis, seorang warga dan tokoh masyarakat desa, mengatakan, “Kami senang dapat terlibat dalam upaya membangun desa tangguh bencana. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua sebagai warga desa.”

Dengan bergabungnya Desa Salira dalam Program DESTANA, diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang dalam membangun keberlanjutan dan ketahanan terhadap bencana alam. Program ini menjadi langkah konkret dalam mempersiapkan masyarakat lokal menghadapi tantangan bencana yang mungkin terjadi di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Open chat
1
💬 Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo 👋
Ada yang bisa dibantu?